Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya

By | February 3, 2016

Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya

Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya – Penyakit Jantung merupakan penyakit yang menjadi penyebab kematian paling sering di Indonesia karena kurangnya perhatian dari penderita untuk memeriksa, mengetahui penyebabnya dan gejala gejala yang sering terjadi baik yang di sadari maupun tidak, karena itu pentingnya untuk kita mengetahui apa saja Gejala dan Cara Mengatasinya untuk itu simak dengan seksama dan sampai selesai artikel ini karena pada kesempatan kali ini akan menjelaskan tentang gejala penyakit jantung dan cara mengatasinya.

Gejala Penyakit Jantung Dan PencegahannyaAPA ITU JANTUNG ?

Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh yang sangat vital perannya untuk kelangsungan hidup manusia, organ yang besarnya hanya seukuran kepalan tangan ini berfungsi untuk memompa darah dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh.

APA ITU PENYAKIT JANTUNG ?

Penyakit Jantung merupakan penyakit yang menyerang pada jantung yang mana proses kerja jantung akan terganggu dan menyebabkan jantung terasa sakit ataupun nyeri, penyakit jantung sendiri merupakan penyebab kematian tertinggi di indonesia hingga sampai sekarang.

APA ITU JANTUNG KORONER ?

Jantung Koroner adalah penyakit jantung yang terjadi karena rusaknya dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh radikal bebas yang terkandung dalam rokok, polusi udara yang kotor, hipertensi (darah tinggi), diabetes, dan sebagainya.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab utama yang dapat timbulnya penyakit jantung maupun penyakit jantung koroner :

PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG :

Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya

  • Faktor Usia Dan Jenis Kelamin

Mereka (wanita) yang berumur kurang dari 50 tahun lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dibandingkan dengan Pria yang sama umurnya. Tetapi setelah mengalami manopause wanita akan memiliki resiko terkena penyakit jantung karena menurunkan hormon.

  • Faktor Keturunan

Salah satu yang menjadi penyebab terjadinya penyakit Jantung adalah Faktor Keturunan, ya penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit turunan yang bisa di bawa oleh wanita atau bisa juga laki laki, karena apabila mereka memiliki keturunan maka keturunan mereka akan beresiko terkenan penyakit jantung.

  • Faktor Perokok Aktif Dan Pasif

Merokok adalah penyebab penyakit jantung selanjutnya, merokok penyebab kematian kira kira 20% dari semua orang yang mengalami penyakit jantung. Karena asap yang dihasilkan oleh rokok dapat mengganggu kerja dari jantung yang tadinya memompa dan menyebarkan darah ke seluruh tubuh akan tergganggu karena banyaknya asap rokok yang menghalangi kerja jantung.

  • Diabetes

Penyakit yang satu ini merupakan penyebab penyakit jantung, terjadinya karena kebanyakan karena komplikasi, untuk itu pentingnya bagi penderita diabetes untuk menjaga pola hidup yang sehat dan sering berolahraga itu sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Hipertensi (Darah Tinggi)

Hipertensi menjadi penyebab penyakit jantung selanjutnya, orang yang menderita Hipertensi yang lama akan beresiko terkena penyakit jantung kenapa?. Karena penyakit hipertensi dapat merusak dinding jantung yang memungkinkan LDL akan masuk dan menyebabkan timbulnya plek dan apabila plek itu semakin lama dibiarkan maka akan menumpuk dan menyumbat darah yang akan di pompa oleh jantung untuk disebarkan ke seluruh tubuh.

  • Obesitas (Kelebihan Berat Badan)

Kegemukan bisa menimbulkan penyakit hipertensi yang mana penyakit ini menjadi penyebab timbulnya penyakit jantung selain bisa terkena penyakit hipertensi orang yang obesitas juga akan beresiko terkenan diabetes, dan itu juga yang akan menyebabkan terjadinya penyakit jantung.

  • Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Mereka yang tidak berolahraga lebih beresiko terkena penyakit jantung, karena dengan berolahraga tubuh kita akan lebih bugar karena akan melancarkan kerja jantung dan juga untuk menyeharkan jantung, dengan olahraga rutin minimal 20 – 30 menit sehari akan mengurangi anda terkena penyakit jantung.

  • Stress

Orang yang sering memiliki resiko terkena penyakit jantung lebih besar dibandingkan dengan orang yang selalu ceria, karena penelitian menunjukan bahwa stress dapat membuat dinding arteri menjadi sempit dan akan menurunkan aliran darah.

Penyakit Jantung akan terasa sakit apabila saat kambuh, penyakit yang menjadi penyebab kematian tertinggi ini sudah tidak bisa dianggap remeh lagi karena banyak nyawa yang melayang karena penyakit ini sekitar ratusan atau bahkan ribuan nyawa melayang akibat penyakit ini.

Untuk itu pentingnya untuk kita tahu apa saja ciri dan gejala penyakit Jantung, berikut ciri cirinya :

Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya

  • Sesak Nafas

Sesak Nafas merupakan penyakit yang menyerang pada saluran pernafasan yang apabila kambuh penyakit ini akan menimbulkan sesak terutama pada saat bernafas, penyakit ini sesak nafas meerupakan penyakit yang menjadi penyabab timbulnya penyakit jantung, karena apabila kita terserang penyakit ini akan menyebabkan masuknya cairan kerongga paru paru.

Yang apabila anda saat tidur akan merasakan sesak nafas maka anda termasuk orang yang menderita penyakit jantung kronis atau tingkat lanjut.

  • Sering Pusing Bahkan Sampai Pingsan

Apabila anda merasakan pusing yang amat terasa sangat menyakitkan bahkan sampai pingsan, maka itu adalah ciri bahwa anda terkena penyakit jantung, karena pada umumnya orang yang menderita penyakit jantung akan merasakan hal itu.

Hal itu di sebabkan karena melemahnya kerja otot jantung yang memompa dan menyebarkan darah keseluruh tubuh menjadi terganggu dan menyebabkan seluruh tubuh menjadi kacau.

  • Jantung Sering Berdebar Debar

Ciri yang satu ini mungkin menjadi gejala yang patut anda waspadai dan harus diperhatikan, karena jantung berdebar umumnya terjadi apabila orang sudah melakukan aktivitas berat seperti lari, futsal, voly, dan sebagainya yang bersangkutan dengan aktivitas fisik atau yang dapat membuat kerja jantung lebih ekstra.

Namun bila anda mengalami jantung berdebar debar secara tiba tiba dan tidak melakukan apa apa itu harus segara konsultasi atau diperiksa ke dokter untuk tahu apa ada yang salah dengan kesehatan anda.

  • Gampang Lelah Dan Pusing

Bila anda sering merasakan pusing dan badan anda sering lemah itu pertanda anda memiliki resiko terkena penyakit jantung. Badan lemah bisa di sebabkan karena asupan darah ke bagian tubuh tidak normal atau terganggu.
Untuk itu perlunya menerapkan pola hidup sehat dalam aktivitas anda seperti olahraga teratur atau mengkonsumsi makan sehat seperti sayuran dan sebagainya yang berhubungan dengan makanan sehat.

  • Gangguan Pencernaan

Pada wanita akan lebih sering terjadi gangguan pencernaan dibandingkan dengan pria, gangguan itu berupa muntah dan mual selama beberapa bulan sebelum terkena penyakit jantung dibandingkan dengan pria. Kondisi ini disebankan karena adanya sumbatan arteri yang menyebabkan suplai darah mejadi terhambat dan biasanya sering terjadi di dada dan bagian perut.

  • Sering Nyeri

Ciri yang satu ini memang umum sering dirasakan oleh semua orang entah itu karena jatuh atau berbenturan dengan benda atau tembok, tapi bukan itu, nyeri yang dirasakan bisa di salah satu bagian tubuh, ini di karena kurangnya pasokan darah ke area tubuh terntentu, yang menyebabkan terjadinya kram atau nyeri, selain itu apabila sering merasakan sakit pada bagian dada itu merupakan salah satu ciri dari penyakit jantung.

Segera periksakan keadaan anda ke dokter karena harus tahu dulu apakah itu sakit biasa atau sakit yang disebabkan karena pasokan darah yang kurang ke area tubuh yang merasakan sakit.

Di atas sudah kami jelaskan mengenai penyakit jantung mulai dari penjelasan tentang penyakit jantung, jantung koroner, penyebab, ciri dan gejala gejala penyakit jantung.

Pentingnya untuk kita menjaga kesehatan tubuh, karena sehat itu mahal dengan menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makan sehat dan sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa penyakit jantung bisa di cegah tanpa harus melakukan operasi atau mengkonsumsi obat obatan, untuk mari kita simak beberapa aktivitas yang mungkin bisa anda lakukan dirumah untuk mencegah penyakit jantung :

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bukan hanya baik untuk tubuh anda tapi juga baik untuk kesehatan, bagi anda yang menderita jantung mengkonsumsi makan yang bisa menyehatkan jantung itu langkah yang cerdas untuk kita ambil.

Karena jantung perlu asupan makanan yang sehat untuk memompa dan menyebarkan darah keseluruh tubuh, untuk itu ubah pola makan anda dengan makan makanan yang sehat, mulai dari cara memasaknya. Dengan merebus atau mengkukus maka vitamin dalam makanan yang tetap terjaga.

  • Berjalan Kaki

Aktivitas yang satu ini tentunya sering dilakukan oleh orang kebanyakan, tapi alangkah baiknya untuk penderita penyakit jantung untuk menambah porsinya, denga berjalan kaki minimal 30 menit sehari akan menjadikan tubuh kita sehat terutama untuk menjaga dan menyehatkan jantung.

  • Tidak Merokok

Dengan tidak merokok berarti anda sudah mengurangi resiko untuk terkena penyakit jantung, dengan menghindari rokok terutama untuk orang penderita penyakit jantung dekat dekat dengan perokok itu tidak baik, karena dapat menyebabkan jantung tidak sehat. Dan apabila anda sedang berada ditempat umum dan ada yang merokok sebailnya anda harus menghindarinya.

  • Mengkonsumsi Makan Penurun Kolesterol

Dengan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi anda berarti menyayangi jantung anda, karena bagi penderita penyakit jantung makanan yang mengandung kolsterol tinggi menjadi makanan yang berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit jantung lebih parah lagi.

  • Berjemur Di Pagi Hari

Berjemur bukan hanya dilakukan untuk bayi saja, berjemur bisa dilakukan oleh siapa karena dapat menyehatkan kulit dan juga jantung, untuk itu perlunya berjemur untuk penderita jantung di pagi hari itu akan membuat jantung menjadi lebih sehat karena sinar matahari baik untuk jantung.

Rata pengobatan penyakit jantung harus dengan melakukan operasi, selain dengan melakukan operasi alangkah baiknya anda juga mencoba dengan melakukan Pengobatan Jantung Secara Tradisional.

Sekian artikel tentang Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya, semoga bermanfaat dan bisa membantu untuk mengetahui gejala gejala penyakit jantung dan cara mencegahnya.

Post By : Gejala Penyakit Jantung Dan Pencegahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *